0

          Saya akan berbagi 5 masakan khas nusantara  yang mungkin anda butuhkan untuk pengetahuan sas dari guru anda aja atau   sabagai tugas yang mungkin masih bersekolah, sebenarnya masakan khas nusantara sangatlah banyak sekali namun saya tidak mungkin mejelaskannya satu persatu berikut  beberapa masakan khas nusantara. 

5 Masakan Khas Nusantara

1.Rendang
     
    Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya      
                                                      belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan

2.Bakso
         Bakso atau baso adalah jenis bulatan daging yang lazim ditemukan masakan indonesia umumnya dibuat dari campuran  daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun atau mie telur terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima  hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang
                                                      banyak   ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual   
                                                      di pasar suwalayan  dan mal-mal.

3.Sate
         Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada bara arang kayu .daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain.
        Sate diketahui berasal dari Jawa,Indonesia  dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap
                                                      sebagai salah satu masakan  nasional indonesia.
                                                      Sate juga populer di negara-negara lainnya .

4.Ayam Goreng
         Ayam goreng adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam yang digoreng dalam minyak goreng panas. Beberapa rumah siap saji mengkhususkan diri menghidangkan ayam goreng, misalnya KFC Sementara itu beberapa rumah makan di Indonesia juga menghidangkan ayam goreng tradisiona indonesia.




5.Kerak Telor
        Kerak telor adalah makanan asli daerah jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih,telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai, mereh jahe, kencur mrica butiran,gula pasir dan garam.

     

          Nah itu tadi  masakan khas nusantara  yang sedikit saya sampaikan kepada anda mudah mudahan bermanfaat buat anda semua.

Post a Comment

 
Top